Kliping Press Release Shabu 1,7 Kg yang dibawa Warga Negara India Senilai Rp 2,3 Miliar

Kliping Press Release 

Tanggal, 23 Januari 2014

Shabu 1,7 Kg yang dibawa Warga Negara India Senilai Rp 2,3 Miliar

Zainal Effendi - detikNews



Surabaya - Sabu seberat 1,7 Kg yang dibawa MR (40) warga negara India ditaksir senilai Rp 2,3 miliar. Selain itu, pelaku mengaku akan mendapatkan imbalan US$ 2 ribu jika sabu yang dibawanya berhasil diantar.


"Dia mengakui jika disuruh oleh pemilik barang bukti yang berinisial D warga negara Nigeria," kata Kasi Pengawasan Tahanan dan Barang Bukti Badan Nasional Narkotika Provinsi (BNNP) Jatim, Subagiyono, Kamis (23/1/2014).


Subagiyono menjelaskan, pelaku sejak awal memang berencana ke Surabaya untuk mengantar barang. Namun belum diketahui dimana titik pertemuan. "Sejak awal dia dibimbing oleh orang Nigeria untuk mengantar barang melalui pesan singkat di ponsel pelaku. Akan tetapi belum diketahui di hotel mana ia akan menginap atau lokasi barang tersebut akan diambil," ujarnya.


Usai diambil, kata Suagiyono, pelaku akan mendapatkan imbalan US$ 2 ribu dan langsung kembali ke India. "Pelaku ini merupakan tetangga pemilik barang di India. Mengakunya baru pertama kali tapi dilihat dari caranya mengelabuhi petugas sudah berulang kali. Tapi untuk ke Indonesia baru pertama ini," imbuh Subagiyono.


Untuk mengelabuhi petugas saat pemeriksaan, MR mengaku sebagai guru Bahasa Inggris dan tujuannya ke Surabaya untuk mengajar. Namun pelaku tidak bisa berkutik setelah petugas menemukan barang bukti sabu yang disembunyikan di dinding tas koper.


Sebelumnya, MR (40) warga India ditangkap petugas Bea Cukai Bandara Juanda Internasional pada Minggu (19/1/2014) setelah turun dari pesawat Cathay Pasific dengan nomor penerbangan CX 781 rute Hong Kong-Surabaya.


Pelaku berjenis kelamin perempuan ini ditangkap petugas, setelah tas yang dicurigai petugas ditemukan 7 bungkus kristal dengan berat 1,7 Kg di dinding tas koper yang dibawanya. Setelah di tes ternyata sabu.

( http://news.detik.com/ )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar